Trifanny's Blog

12 December 2009

RFID Sebagai Sebuah Solusi Masa Depan

Filed under: Information Technology — Maria Trifanny Fransiska @ 07:14

Pernahkah kita merasa kesal karena terdapat antrian yang cukup panjang ketika akan melakukan pembayaran di sebuah hypermarket seperti Carrefour atau hypermart? Antrian yang cukup panjang disebabkan oleh banyaknya customer yang melakukan pembelanjaan dengan jumlah item yang cukup banyak sehingga cashier membutuhkan waktu untuk melakukan scanning barcode ataupun melakukan input secara manual untuk setiap item.

Pernahkah kita merasa kesal karena terdapat antrian yang cukup panjang ketika akan melakukan pembayaran di gerbang tol? Antrian disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan dan waktu yang dibutuhkan untuk memberikan pengembalian dari uang tol yang dibayarkan oleh para pengguna jalan tol.

Pada saat-saat seperti itulah kita selalu berandai-andai, seandainya di supermarket tersebut setiap orang hanya perlu mendorong trolleynya ke kasir serta langsung melakukan pembayaran untuk barang yang dibelinya tanpa harus melakukan scanning pada setiap item ataupun di gerbang tol tersebut kita tidak perlu berhenti untuk membayar melainkan kita cukup berjalan saja dan akan ada tagihan di akhir bulan mengenai biaya penggunaan jalan tol.

RFID Tags

Semua hal tersebut saat ini bukanlah sebuah impian lagi melainkan akan segera menjadi sebuah kenyataan dengan adanya teknologi yang dinamakan RFID (Radio Frequency Identification). Setiap produk di supermarket / hypermarket akan dipasang RFID tags yang akan memancarkan sinyal melalui gelombang radio.  Ada beberapa cara pengaplikasian RFID di sebuah supermarket / hypermarket, yang pertama adalah pada setiap trolley nantinya akan ditaruh card reader dan RFID scanner sehingga setiap barang yang ditaruh atau bahkan di kembalikan akan terdeteksi oleh RFID scanner. Setelah selesai berbelanja maka kartu memory yang ada di card reader diserahkan kepada kasir dan secara otomatis daftar belanjaan akan tertera di komputer kasir serta nominal uang yang harus dibayar untuk seluruh belanjaan tersebut.

Trolley with RFID

Sedangkan cara kedua adalah trolley cukup melewati detektor yang terdapat pada meja kasir yang secara otomatis akan melakukan scanning pada signal RFID tags dan akan menampilkan daftar belanja serta nominal uang yang harus bayar pada komputer kasir.

Penggunaan RFID saat ini semakin luas, tidak hanya terbatas pada contoh di atas melainkan dapat berfungsi untuk tracking (baik barang ataupun orang) seperti yang terdapat di beberapa rumah sakit maupun sebagai salah satu tanda pengenal digital dimana RFID tags tersebut digunakan untuk mengganti fungsi KTP yang ada pada saat ini.

Dengan harga RFID tags yang semakin murah, yaitu kurang lebih seribu rupiah saat ini dan akan semakin turun harganya karena sifatnya yang semakin umum dan menjadi komoditas masal maka teknologi ini akan dapat diserap oleh pasar dan segera dilakukan penerapannya secara masal pula. Jepang, China, Singapura, Amerika dan beberapa negara di Eropa merupakan negara-negara yang telah melakukan penerapan RFID secara cukup masal, mungkin beberapa saat lagi Indonesia akan segera menyusul negara-negara tersebut untuk melakukan implementasi dari RFID.

Advertisements

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: