Trifanny's Blog

28 November 2009

Virtual Meeting with Telepresence

Filed under: Information Technology — Maria Trifanny Fransiska @ 12:53

Waktu adalah sebuah hal yang berharga, ungkapan tersebut sering diucapkan oleh banyak orang terutama para business man yang merasa bahwa 24 jam dalam sehari masih terasa kurang. Para business man ini sering kali berusaha membuat efisien dalam segala kegiatan yang dilakukannya terutama untuk kegiatan bisnis, tetapi ada sebuah hal yang tidak dapat diefisienkan oleh mereka, yaitu adalah kegiatan meeting yang mengharuskan mereka melakukan perjalanan menuju tempat meeting tersebut, terutama untuk meeting yang dilakukan di luar kota maupun luar negeri. Dapat kita bayangkan,  untuk menghadiri sebuah meeting selama beberapa jam saja dibutuhkan waktu satu hari penuh untuk melakukan perjalanan pulang pergi karena meeting tersebut dilakukan di luar negeri yang terletak di belahan bumi yang lain. Hal tersebut sangatlah tidak efisien, baik dari sisi biaya, tenaga maupun waktu.

Voice Teleconference

Banyak teknologi yang dikembangkan untuk menjawab permasalahan tersebut, antara lain conference call maupun video conference. Conference call merupakan teknologi paling awal yang berusaha menjawab permasalahan tersebut, dengan kemampuannya untuk melakukan komunikasi via telepon (audio)hingga beberapa pihak sekaligus menjadikan conference call sebuah solusi yang cukup diminati oleh banyak kalangan. Walaupun cukup banyak memiliki peminat, masih terdapat beberapa pihak yang merasa bahwa conference call ini tidak akan dapat menggantikan meeting secara langsung dikarenakan kita hanya dapat mendengar suara saja tanpa dapat melihat bagaimana reaksi lawan bicara kita maupun merasakan suasana meeting yang sesungguhnya.

Video conference merupakan sebuah teknologi yang dikembangkan untuk mengatasi kekurangan yang ada pada conference call. Dengan kemampuannya untuk melakukan komunikasi baik secara audio maupun video menyebabkan banyak orang beralih dari conference call menjadi video conference.

Video Conference

Meskipun memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan conference call, video conference tetap memiliki kekurangan yaitu tidak dapat melihat reaksi tubuh (gesture) dari lawan bicara secara jelas dikarenakan video yang ditampilkan berukuran kecil dan masih belum merasakan suasana meeting yang sesungguhnya karena detail video yang ditampilkan oleh video conference masih sangat terbatas.

Saat ini telah terdapat teknologi virtual meeting yang dinamakan Telepresence yang mampu mengatasi semua permasalahan yang terdapat pada conference call maupun video conference. Dengan telepresence, kita dapat melihat gerak tubuh (gesture) dan reaksi dari lawan bicara kita secara jelas serta dapat merasakan suasana meeting sesungguhnya karena lawan bicara kita memiliki ukuran yang sama persis dengan keadaan aslinya (life size). Bahkan dengan telepresence kita dapat melakukan kontak mata dengan lawan bicara kita serta dapat mendengar suara dari lawan bicara kita seolah-olah kita berada dalam satu ruangan yang sama.

Conventional Meeting

Gambar di atas menunjukkan orang yang melakukan meeting secara konvensional yaitu semua berkumpul dalam satu ruangan dan duduk pada satu meja secara bersama-sama

Virtual Meeting

Gambar di atas menunjukkan meeting secara virtual menggunakan telepresence dimana terdapat 12 orang yang melakukan meeting dari 4 lokasi yang berbeda. Meskipun terletak di lokasi yang berbeda, dengan adanya teknologi telepresence maka memungkinkan semua orang yang terletak di lokasi berbeda tersebut seolah-olah berada di satu ruangan yang sama dan duduk pada satu meja secara bersamaan.

Group Telepresence

Cisco merupakan salah satu perusahaan yang melakukan pengembangan teknologi telepresence. Dimulai dengan launching product telepresence yang dilakukannya pada 12 Mei 2008, Cisco mengembangkan produk-produk telepresence untuk berbagai kalangan dan kebutuhan, baik untuk personal office yaitu untuk konferensi 2 orang saja di 2 lokasi yang berbeda (TP 500), hingga untuk kalangan enterprise yang memungkinkan untuk melakukan konferensi hingga 18 orang sekaligus dari 4 lokasi yang berbeda (TP 3000 dan TP 3200).

Guna mendapatkan efek nyata dalam telepresence, Cisco memiliki beberapa syarat bagi para penggunanya, antara lain ruangan dengan ukuran minimal tertentu, memiliki cat atau wallpaper yang sama di setiap lokasi serta memiliki kualitas akustik suara tertentu.

Telepresence in reality

Dalam paket penjualannya, Cisco melengkapi sistem telepresencenya dengan 3 unit LCD 65” yang mendukung kualitas HD bahkan dalam paket penjualannya, Cisco melengkapinya dengan furniture (meja), lighting serta sound system yang digunakan untuk mendukung sistem telepresence tersebut. Untuk instalasi dari telepresence ini dibutuhkan sertifikasi tertentu dari partner yang ada karena untuk menimbulkan efek bahwa meeting ini dilakukan seolah-olah dalam sebuah ruangan yang sama, maka peletakan meja, pengaturan lighting serta akustik dari sound system yang ada diatur supaya semua sesuai dengan keadaan aslinya.

Dengan adanya telepresence ini, maka kita dapat memangkas biaya, waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk menghadiri sebuah meeting yang diadakan di lokasi yang cukup jauh, bahkan kita tidak perlu mengalami jet-lag yang menyebabkan tubuh kita harus menyesuaikan diri selama beberapa hari serta dapat menghemat pengeluaran kantor hingga 20% untuk melakukan perjalanan dinas ke luar kota atau luar negeri.

Dengan pesatnya teknologi, maka tidak menutup kemungkinan telepresence dapat menghadirkan sosok virtual (hologram) seperti yang telah dikembangkan oleh cisco saat ini, dimana seolah-olah ada orang sedang berbicara secara langsung dan bertatap muka padahal dalam kenyataannya mereka terpisahkan oleh jarak sejauh ribuan kilometer antara California dan India seperti yang ada di movie berikut ini.

Advertisements

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: